15 Agustus 2009

Marhaban Ya Ramadhan


Marhaban Ya Ramadhan. Hari yang sangat dinanti akhirnya kembali juga. Hari-hari yang dibalut selama satu bulan penuh menawarkan berjuta kebahagiaan bagi umat manusia. Ramadhan 1430 H/2009 M menjadi ruang penuh prestasi.

Semoga hadirnya ramadhan mampu memberi kesempatan kita semua dalam berfikir dan bertindak. Momen yang sangat penting dalam memaknai hidup. Tidak hanya hidup sekedar berhubungan dengan Tuhan tetapi secara horizontal terhadap sesama manusia dan makhluk ciptaan-Nya.

Selama ini kita semua hanya terjebak dari atribut ramadhan belaka. Ramadhan hanya dimaknai sebagai rentang waktu untuk menahan diri dari makan dan minum selepas fajar menjelang senja. Padahal ramadhan tidak sesempit pengertian itu semata.

Adanya ramadhan merupakan semua manifesto keinginan Tuhan agar umat manusia mampu berjalan di ruang apapun. Yaitu ruang penuh dengan kelimpahan ketika sepanjang siang dan ruang penuh dengan rasa menahan yang telah dilarang oleh Tuhan sepanjang fajar dan senja oleh Tuhan.

Sering kali kita lihat. Bahwa ramadhan yang seharusnya mampu menjadikan pola disiplin oleh umat bergeser pada pola hura-hura dan berlebihan. Jika dicemati. Menurut logika, jika di luar ramadhan aktivitas ekonomi sekitar Rp x. Seharusnya dengan hadirnya ramadhan, umat lebih bisa memanajemen Rp x menjadi lebih sedikit. Sehingga bisa ditekan dan bisa berbagai dengan kaum du'afa. Tetapi umat sering kali mempertautkan nafsunya.

Dilihat dari segi ini saja umat bisa dinyatakan belum lulus. Padahal Tuhan bertujuan untuk menjadikan manusia sebagai makhluk yang sempurna pasca ramadhan. "Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian puasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa "( QS Al-Baqarah :183 )

Oleh karena itu, di bulan ramadhan ini, di samping kita mendisiplinkan diri sebagai secara vertikal sebagai makhluk Tuhan, kita juga harus mendisiplinkan diri secara horizontal sebagai makhluk sosial. Dengan begitu secara otentik, muttaqin, orang yang bertakwa bisa diraih. Amien.

By: PojokJombang (BloggerJombang)

4 komentar:

Agus Siswoyo mengatakan...

KOk nggak ada lanjutannya...

cara-blog mengatakan...

thanks bro for this info, god bless you, hehe...

abeng mengatakan...

Mumpung masih di bulan syawal, saya mewakili teman-teman Publisher/Blogger area Jombang dan sekitarnya untuk datang dalam acara Temu Blogger area Jombang dan sekitarnya.. Detil nya bisa di lihat disini.. http://www.adsense-id.com/forums/showthread.php/134968. Terima kasih..

Blogger Jombang mengatakan...

Bagi para kawan-kawan Blogger area Jombang dan sekitarnya, yuk temu blogger sambil silaturahmi.. Di tunggu ya pertisipasinya..

Posting Komentar